Senin, 15 Desember 2008

CONTOH PENULISAN LAPORAN PRAKERIN, SMKN 2 KOTA TASIKMALAYA


Halaman ke 1 = Cover

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI BENGKEL LAS TAMIM KOTA TASIKMALAYA
TANGGAL 1 JANUARI S/D 30 APRIL 2009

Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk menempuh UAS/UN

Disusun Oleh :

Nama : Asop Aopian

Nis : 10612960

Kelas/Program Study : XII/Pemesinan 3 ( PM 3)

PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2

Jl. Noenoeng Tisnasaputra, Telp./Fax. (0265) 331839 – Kahuripan Kec. Tawang
Website : http://www.smkn2tasik.net/
- Email : smkn_2_tsm@yahoo.com
T A S I K M A L A Y A 46115

------------------------------------------------------------------------------------------------- 

 

Halaman ke 2 = Lembar Pengesahaan

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

DI BENGKEL LAS TAMIM KOTA TASIKMALAYA

TANGGAL 1 JANUARI S/D 30 APRIL 2009

Ketua Program Keahlian

Pembimbing


Dede Suryana

Fahmi B, S.Pd

Nip……………………..

Nip……………………..

Menyetujui/Disyahkan

Ketua Prakerin

…………………………………….

Nip……………………………….

————————————————————————————————-

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN).

Penyusunan laporan praktek kerja industri ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun diklat 2008/2009 dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa saya (penulis) telah melaksanakan dan menyelasaikan praktek kerja industri di BENGKEL LAS TAMIM.

laporan ini dapat terbuat dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1. ………………………………., selaku pembimbing dari sekolah
2. ………………………………., selaku pembimbing dari instansi atau industri
3. ………………………………. selaku kepala SMK Muhammdiyah 1

4. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini sehingga selesai dengan baik.

Tasikmalaya, 30 April 2009

Penyusun

Asop Sopian

Nis.10612960

 

 

 ==========================================================

DAFTAR ISI

  • Sampul depan/halaman judul …………………………….i

  • Kata Pengantar …………………………….iii

  • Daftar isi ……………………………..iv








A. Latar Belakang


A . Latar Belakang







1 .  Gambaran Umum Industri


2 . Struktur Organisasi Industri


3 . Rekapitulasi Peralatan di Industri


4 . Produk





B . Tujuan







1 . Tujuan Pelaksanaan Prakerin


2 . Tujuan Pembuatan Laporan





A . Waktu dan Tempat Pelaksanaan
B . Alat dan Bahan
C . Gambar Kerja ( bila perlu )
D . Proses Pengerjaan
E . Implementasi Keselamatan Kerja
F . Hasil Yang Di Capai








Lembar berikutnya= isi

BAB I. PENDAHULUAN

A . Latar Belakang







1 .  Gambaran Umum Industri
Perusahaan/bengkel Tamim yang beralamat jalan Ahmad Yani No…………Telp……………..
berdiri sejak tahun 1990, yang pada waktu itu hanya bengkel kecil pinggir jalan.
Berkat usaha yang maksimal dan berbagai kendala/rintangan tak pernah putus asa.
akhirnya menjadi bengkel besar seperti saat ini.
Bengkel TAMIM diambil dari nama orang yaitu TAMIM
Omset perbulan Rp…………………
Pelanggan/kemitraan adalah …………………………………………….



2 . Struktur Organisasi Industri



3 . Rekapitulasi Peralatan di Industri



4 . Produk :




Misalkan : Las, Bubut dan Frais
B . Tujuan







1 . Tujuan Pelaksanaan Prakerin
Melalui pendekatan pembelajaran ini peserta diharapkan :
a. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia kerja yang sesungguhnya ;
b. Memiliki tingkat kompetensi standar sesuai yang dipersyaratkan oleh dunia
kerja;
c. Menjadi tenaga kerja yang berwawasan mutu, ekonomi, bisnis kewirausahaan
dan produktif;
d. Dapat menyerap perkembangan teknologi dan budaya kerja untuk
kepentingan pengembangan dirimya.


2 . Tujuan Pembuatan Laporan

a. Sebagai salah satu bentuk latihan, dalam menghadapi Uji Kompetensi pada
akhir Proses Pembelajaran
b. Sebagai salah satu tugas yang di syaratkan untuk menempuh UAS/UN.

===================================================

BAB II. PROSES PELAKSANAAN

A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan/Jadwal Pelaksanaan

No

Hari/tanggal

Keterampilan yang dilaksanakan di DUDI

Kompetensi/sub yang susuai dengan GBPP

Tempat

Ket

1

Sabtu 17-1-2009

Membubut bakal roda gigi helix

Mengefrais Komplex(lihat kompetensi pada jurnal)

Bengkel Tamim

2

Senin 19-1-2009

Membubut bakal roda gigi helix

sda

Sda

3

Selasa 20=1=2009

Membuat roda gigi Helix

Mengefrais Komplex

(lihat kompetensi pada jurnal)Sda

Dan seterusnya, sampai waktu berakhir di Industri , semua job/ Pekerjaan di rekap.

Kemudian yang akan dimasukkan ke Laporan ini kasih tanda dengan warna.

B. Alat dan Bahan

1. Bahan

No

Nama Bahan

Ukuran

Spesifikasi

Satuan

Jumlah

1

Cast Iron

d =67,3X23 mm

Cast iron hasil Pembubutan

Buah

1 (satu)

2. Alat

No

Nama Alat

Ukuran

Spesifikasi

Jumlah

Pemilik

1

Mesin Frais

300 X 450 mm

Merk Pindad

1 Unit

Bkl TAMIM

2

Kepala Pembagi

1 : 40

Sda

1 set

sda

3

Vernier Caliper

150 mm;0,05 mm

sda

1 buah

sda

4

Pisau Frais

M = 2.25

sda

1 buah

sda

5

Plat Index

Lubang 21

sda

1 buah

sda

6

Mandrel

D = 22X 17 mm

sda

1 buah

sda

C. Ganbar Kerja/ Job Sheet
Silahkan gambarkan dengan lengkap

D. Proses Pengerjaan

1. Bersihkan meja frais terutama alurnya

2. Bersihkan dan periksa kepala pembagi

3. Pasangkan kepala pembagi dan kepala lepas pada meja frais
(Sebelum baut dikencangkan, periksa apakah kedua senter sudah segaris

4. Pasang benda kerja diantara dua senter

5. Pasang pisau frais gigi

6. Atur pisau frais gigi pada garis senter benda kerja.

7. Pasang roda gigi penghubung antara sumbu meja, dengan sumbu kepala pembagi

8. Miringkan meja ke kiri sesuai sudut yang dikehendaki

9. Setel Jangka pada lubang piring pembagi sesuai dengan perhitungan

Nc = i : Z = 40 : 28 = 1 ( 12 : 28 ) = 1 ( 9 : 21 )

10. Hidupkan mesin, naikan meja hingga pisau frais gigi bersinggungan dengan benda
kerja

11. Kencangkan baut meja frais arah melintang

12. Hentikan putaran pisau frais gigi , geserkan meja pada kedudukan dial indikator pada
nol

13. Naikan meja sedalam roda gigi yang di kehendaki

Catatan : Kedalaman gigi ( h ) = 2.15 X m
2.15 X 2,25 = 4,83 mm

14. Kencangkan baut pengikat arah vertikal, setel kedudukan diluar benda kerja

15. Hidupkan mesin, lakukan penyayatan pendahuluan dilanjutkan dengan gesekan
secara otomatis

16. Matikan mesin, geser meja frais pada kedudukan diluar benda kerja.

17. Putar engkol kepala pembagi sesuai dengan perhitungan.

18. Hidupkan mesin, lakukan penyayatan alur gigi yang kedua.

19. Lakukan langkah 17 dan 18 , sehingga semua alur roda gigi tersayat.

E. Implementasi Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja Di Industri/bengkel, sangatlah mengutamakan keselamatan kerja,
terbukti apa yang diterapkan di sekolah tentang keselamatan kerja baik secara teori
maupun secara praktek, ternyata di dunia industri/bengkel lebih cendrung ke implementasi

prakteknya
Berikut Implementasi penerapan keselamatan kerja di BENGKEL TAMIM :

1. Di ruang bengkel dikelilingi dengan ramu-ramu keselamatan kerja seperti:

- Jagalah kebersihan
- Utamakan keselamatan kerja
- No Smoking
- Dll

2. Proses Pelaksanaan Pekerjaan

- Pakai baju praktek rapih
- Pakai kaca mata pengaman
- Pakai masker

3. Kelengkapan Keselamatan kerja

- Alat Pemadam Kebakaran
- Kotak P3K
- Kedok las
- Apron (penghalang dada saat mengelas)
- Kaca mata Pengaman
- Masker

Dan lain-lain ( disesuaikan dengan Industri/bengkel)

F. Hasil yang dicapai

Setelah selesai beberapa aktivitas/kegiatan sesuai yang telah direncanakan dan yang
telah kami susun untuk mendukung tercapainya tujuan, maka hasil yang kami capai telah

selesai dan berjalan lancar, meskipun terdapat kendala yang dihadapi

Kami berharap dengan adanya PRAKERIN akan memiliki keahlian profesional sesuai
kurikulum dari fihak sekolah, sehingga tamatan SMK diharapkan mempunyai keterampilan
untuk terjun kedunia kerja dan mampu bersaing di era globalisasi ini.
Roda gigi helix yang telah kami buat sesuai dengan job dan sesuai dengan pesanan
konsumen dan dapat digunakan/difungsikan .
Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh Instruktor SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya,
yang telah membimbing di sekolah, sehingga kami dapat mengerjakan job sesuai dengan
tuntutan dari Industri/bengkel.

===================================================

BAB III TEMUAN

A. Keterlaksanaan ( Faktor Pendukung dan Penghambat )

Dalam suatu kegiatan baik yang diadakan di dalam (intern) maupun yang di luar
(ekstern) maka tak akan lepas dari segala faktor baik penghambat ataupun pendukungnya,
karena bagaimanapun juga kedua hal tersebut akan selalu ditemukan dan dihadapi.
Berikut ini faktor pendukung dalam pelaksanaan Prakerin pada pembuatan Roda gigi
helix :

1. Fasilitas peralatan sangat mendukung

2. Pembimbingan kepada peserta prakerin baik yang dari fihak sekolah maupun dari
fihak industri/bengkel sangat penuh perhatian

3. Dari Fihak Industri memberikan penuh kepercayaan

Faktor penghambat :

1. Fasilitas mesin yang dipakai terbatas

2. Dalam pembuatan Roda gigi Helix harus membuat mandrel terlebih dahulu sebab
Bengkel Tamim tidak disediakan, sehingga waktu cukup lama.

3. Pahat bubut carbaid sangan terbatas, sedangkan pahat tersebut satu-satunya
yang bisa cepat pekerjaan.

B.Manfa’at yang dirasakan ( dalam pembuatan Roda gigi helix)

1. Menambah wawasan dalam dunia kerja

2. Menambah wawasan dalam cara pembuatan roda gigi helix

3. Menambah tali persaudaraan antar SMK

C. Pengembangan/Tindak lanjut.

1. Akan mengembangkan kemajuan teknologi di Industri/bengkel TAMIM pada SMK
Negeri 2 Kota Tasikmalaya.

2. Akan mengamalkan cara pembuatan roda gigi helix kepada teman-teman

3. Akan mengusulkan kepada Sekolah agar membuat mandrel untuk berbagai
kebutuhan

====================================================

BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan

Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta
mengalami proses belajar melalui bekerja langsung ( Learning by doing ) pada pekerjaan
sesungguhnya.
Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek
langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh fihak
industri/bengkel, dan bahkan kami dapat mengukur sejauhmana penguasaan ilmu praktek
pemesinan, ternyata belum apa-apanya dibanding dengan para karyawan dari bengkel
TAMIM.
Akhirnya kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kami telah
menyelesaikan Praktek kerja Industri , yang dituangkan ke dalam Laporan ini selanjutnya
kami siap untuk diuji melalui Kulminasi/Presentasi.

B. Saran-Saran

1. Fasilitas mesin di Bengkel tamim hendaknya di ferifikasi

2. Fasilitas alat ukur hendaknya lebih presisi

3. Untuk Sekolah hendaknya lebih meningkatkan sosialisasi ke dunia industri/bengkel,
untuk lebih mengetahui kemajuan teknologi dewasa ini

LAMPIRAN-LAMPIRAN

  • Lay Out Bengkel di Bengkel Tamim

  • Album Kegiatan

  • Dll yang dipandang perlu.

Selanjutnya silahkan kembangkan seniri sesuai dengan industri/bengkel/perusahaan, ini hanya contoh.
Selamat Bekerja .


























































20 komentar:

  1. makasih atas contoh laporan nya.
    sangat bermanfaat sekali laporan ini bagi saya karena saya juga baru selesai melaksanakan prakerin,thanks....!

    BalasHapus
  2. simpel n pass bgt gan....tankz..

    BalasHapus
  3. tnkz
    ak jdi bsa tru artikel kmo

    BalasHapus
  4. makasih banyak ya buat postingan ya........................

    keren banget, n sangat membantu,THANKS dach,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  5. Mantab,gan ...

    kebetulan saya juga lagi dalam prakerin :)

    BalasHapus
  6. makasii yah aku jdy ada cerminan bwat ngerjain laporran
    hehehe
    m

    BalasHapus
  7. makci tas contohnya jadi bisa membantu aku untuk menyelesiakan laporan aku..
    thanks

    BalasHapus
  8. THANKS bwt infonya.... sangat berguna untuk saya yang tengah menlaksanakan prakerin untuk pengerjaan laporan....

    BalasHapus
  9. baguuuuuuuuuuuuuuuuuus
    kn ntu bsa jdie contoh wat yg gx au gmna cra'e bkin laporan ........

    thanKz ea !!!!

    BalasHapus
  10. mkasieh tas contoh nya, ?

    BalasHapus
  11. Thankz yah ats contoh artikelnya. Artikelnya sangat membantu dalam proses pembuatan laporan prakerin saya. Cuma kompetensi keahliannya yang harus di ubah.. :) :)

    BalasHapus
  12. MAKASIH Udah berbagi pengetahuan ea...
    contoh Laporan seperti ini akan sangat di butuhkan olehku meskipun jurusannya beda...

    BalasHapus
  13. haturnuhun pisan, salam baktos kasadayana warga tasik

    BalasHapus
  14. THANKS YAH SUMPAH BERMANFAAT BANGET UNTUK W.. THANKS Y

    BalasHapus
  15. Bagus, tapi kalau langsung copast kayak gini ngebingungin sih!
    Bisa dalam bentuk .docx gak?

    BalasHapus

Silahkan Komentari: Saran dan Masukan, sangatlah berarti bagi kami